RSS

News Update:
Selamat datang di Kholilnews.com, semoga informasi yang ada disini dapat bermanfaat untuk Anda semua. Jika Anda mempunyai pertanyaan, kritik maupun saran untuk blog ini, silakan sampaikan melalui akun media sosial yang sudah tertera, terima kasih.

Ziarah Wali

Sabtu, 05 April 2008

Sabtu, tanggal 29 Maret 2008 kemarin, PMII Galang Sewu mengadakan kegiatan rutin ziarah waliullah yang dilaksanakan setiap setahun sekali. Kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan kader PMII pada khususnya dan masyarakat pada umumnya supaya selalu mengingat mati karena setiap yang bernyawa pasti akan mengalamai mati serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Hari pertama, seluruh rombongan ziarah berkumpul di Wisma Pergerakan PMII Galang Sewu yang berlokasi di jalan Tembalang Baru III nomor 106 sekitar pukul 10:00 pagi. Dan pukul 10:30 akhirnya rombongan berangkat. Tujuan pertama kali ini adalah di makam Kyai Galang Sewu yang berlokasi di kompleks kampus Universitas Diponegoro Tembalang. Beliau adalah tokoh teladan dan tokoh yang sangat terkenal saat itu di kawasan Tembalang. Beliau adalah panglima perangnya Pangeran Diponegoro. Untuk mengabadikan namanya, Galang Sewu terlebih dahulu dipakai untuk nama sebuah pondok pesantren yang lokasinya bersebelahan dengan fakultas kelautan Universitas Diponegoro.

Kemudian dipakai untuk nama jalan di samping timur kampus Politeknik Negeri Semarang dan yang terakhir dipakai PMII Komisariat Politeknik Negeri Semarang sehingga namanya bertambah menjadi PMII Galang Sewu Politeknik Negeri Semarang. PMII Galang Sewu sendiri sudah dua tahun menggunakan nama Galang Sewu. Sekitar pukul 11 siang, ziarah di makam Kyai Galang Sewu berakhir dan perjalanan dilanjutkan kembali dengan tujuan masjid Agung Demak.


Pukul 13:30 WIB rombongan tiba di kota Demak dan langsung melaksanakan sholat Dzuhur. Kemudian dilanjutkan berziarah ke makam Raden Patah dan mengunjungi museum yang berada disamping kompleks masjid Agung Demak. Museum itu sendiri berisi potongan kayu penyangga untuk masjid Agung yang sudah mengalami kerusakan sehingga dipotong dan dimasukkan ke dalam museum. Selain itu juga berisi miniatur masjid, foto-foto dan lain sebagainya.


Pukul 14:15 rombongan melanjutkan perjalanan. Kali ini menuju ke makam sahabat Ulin. Beliau adalah alumni PMII Galang Sewu yang sudah berpulang ke Rahmatullah pertengahan tahun 2005 lalu. Dengan suasana yang sedikit mendung, namun hal itu tidak mengurangi kekhusukan sahabat-sahabat PMII untuk mendoakan beliau.

Perjalanan dilanjutkan kembali menuju makam Sunan Kalijogo yang berada di Kadilangu Demak, tidak jauh dari makam sahabat Ulin. Dengan berjalan kaki, rombongan membutuhkan waktu sepuluh menit untuk sampai ke makam Sunan Kalijogo. Setelah ziarah, perjalanan yang sekiranya dijadwalkan sampai STAIN Kudus pukul 17:00 WIB ternyata meleset dari perkiraan. Rombongan ziarah terkena musibah saat melewati kota Kudus tidak jauh dari mall Matahari. Saat sampai perempatan, ternyata ada beberapa polisi yang melihat rombongan kami dan langsung menghentikan perjalanan. Kami ditilang polisi dengan sejumlah pelanggaran. Pertama, salah jalur dikarenakan truk dilarang masuk kota. Kedua, sopir tidak membawa SIM dengan alasan ketinggalan saat berada di kamar mandi sebelum berangkat. Ketiga, truk dilarang membawa kendaraan terbuka. Dengan suasana tegang, kami melakukan negosiasi dengan polisi dan mendapat tilang sebesar Rp. 170.000,00. Lumayan menguras kantong. Namun apakah uang tersebut benar-benar masuk kas negara? Wallahua’lambissowab.

Selesai negosiasi, kami diberikan peta petunjuk untuk sampai di STAIN Kudus. Dan alhamdulillah, sebelum maghrib tiba, kami sudah disambut sahabat-sahabati PMII Sunan Kudus yang sudah menunggu kedatangan rombongan kami sejak sore hari. Acara selanjutnya sholat maghrib berjamaah dan pembukaan studi banding dengan STAIN Kudus yang dibuka oleh pihak PMII STAIN Kudus selaku tuan rumah. Sesuai agenda, setelah acara pembukaan adalah tahlilan bersama dan makan malam. Dengan suasana yang begitu akrab, sangat terasa persahabatan yang baru pertama kali bertemu dengan STAIN Kudus terasa bagaikan sudah bertahun-tahun kita berteman.

Selesai makan malam, acara dilanjutkan dengan diskusi bersama. Acara kali ini, pihak PMII STAIN Kudus mengundang seorang pembicara. Beliau adalah mantan ketua PMII Cabang Kudus, sahabat Mustakim. Selesai diskusi, acara dilanjutkan dengan keakraban. PMII Sunan Kudus selaku tuan rumah terlebih dahulu melakukan ta’aruf dengan sahabat-sahabati PMII Galang Sewu dan sebaliknya. Acara ini berakhir kurang lebih pada pukul 22:20 WIB.


Rombongan dari PMII Galang Sewu kembali melanjutkan perjalanan menuju ke tempat penginapan. Kali ini menuju ke rumahnya sahabati Khoirul Khamdanah atau biasa dipanggil Nana yang lokasinya tak jauh dari masjid Menara Kudus, dan sampai disana sekitar pukul 23:00 WIB. Selesai membersihkan diri, sahabat-sahabati PMII Galang Sewu terlebih dahulu melakukan sholat Isya. Selesai sholat dilanjutkan makan gorengan diselingi teh hangat untuk melepas rasa capek dan dilanjutkan tidur.

Selesai sholat subuh, rombongan mengadakan perbincangan sebentar mengenai rencana kegiatan selanjutnya karena ada beberapa serangkaian kegiatan lagi yang belum dilaksanakan yaitu ziarah ke makam Sunan Kudus dan Sunan Muria. Sesuai jadwal yang telah dibuat sebelumnya bahwa setelah menginap dirumah sahabat Nana, acaranya selanjutnya ziarah ke makam Sunan Muria. Karena makam Sunan Kudus lokasinya hanya sepuluh menit perjalanan dari rumah sahabat Nana, akhirnya jadwal acara dirubah. Rombongan akhirnya ziarah ke makam Sunan Kudus terlebih dahulu. Sekitar pukul 10:30 WIB rombongan melanjutkan perjalanan ke makam Sunan Muria yang membutuhkan waktu perjalan sekitar sembilan puluh menit.

Setelah sampai gunung Muria yang lokasinya berada di daerah Colo Kudus, rombongan langsung manjat melewari ratusan tangga untuk menuju makam Sunan Muria. Membutuhkan waktu tiga puluh menitan untuk sampai puncak. Dengan kondisi sahabat-sahabati yang sudah kecapekan, beberapa sahabat ada yang berhenti ditengah perjalanan untuk beristirahat. Setelah sampai dipuncak, rombongan masih harus dibingungkan lagi dengan ulah sahabati Nita. Dia belum kelihatan sendiri diantara rombongan ziarah. Rombongan agak memaklumi, karena diantara rombongan yang postur tubuhnya paling besar adalah sahabat Nita. Ada beberapa inisiatif untuk menghubunginya diantaranya mengirimkan sms. Namun setelah sms dikirim, keterangannya pending karena memang lokasinya berada di atas gunung sehingga sinyal agak sulit didapat. Akhirnya kami meninggalkannya untuk langsung berziarah ke makam Sunan Muria. Sampai didepan pintu masuk makam Sunan Muria, sahabat Nanang melihat Nita telah keluar dari makam Sunan Muria. Setelah ditanya, katanya sudah ziarah duluan. Ada-ada saja kelakuan sahabat yang satu ini. Rombongan sudah bingung mencarinya ternyata dia sudah ziarah duluan. Dan anehnya tidak memberi kabar. Piye jal Nit???

Selesai ziarah, rombongan berinisiatif untuk melanjutkan perjalanan. Kali ini menuju obyek wisata air terjun MONTEL yang lokasinya tak jauh dari makam Sunan Muria. Ada yang ikut dan ada yang tidak. Sampai didepan gerbang masuk kita berhadapan dengan petugas yang ada disana. Ternyata untuk masuk, per orang ditarik sebesar Rp. 5000,00. Dari dulu kalau masuk tidak perlu bayar “tutur sahabat Nana yang asli Kudus kepada rombongan”. Tapi karena negosiasi tidak berhasil, rombongan sedikit kecewa karena tidak bisa masuk obyek wisata tersebut. Kemudian rombongan kembali melanjutkan perjalanan untuk pulang. Perjalanan sedikit terhambat dikarenakan jalur pantura terutama di Kudus dan Demak jalannya mengalami rusak parah akibat banjir besar beberapa waktu lalu sehingga macet hingga ratusan meter. Sampai di Semarang pukul 20:00 WIB dalam keadaan selamat. Perjalanan yang sangat melelahkan dengan kendaraan full ac namun sangat berkesan karena momen-momen seperti inilah yang dapat mempererat persatuan.


(Ditulis oleh sahabat Kholil, ketua Dept. Pengembangan Wacana dan Pers)

Kholilnews.com "Menjelajah Dunia Membuka Cakrawala" | RSS

Artikel Ziarah Wali ini diterbitkan oleh Kholilnews.com pada hari Sabtu, 05 April 2008. Jika Anda merasa postingan ini bermanfaat, silakan bagikan dengan menggunakan beberapa plugin yang ada dibawah. Apabila Anda ingin berlangganan artikel gratis dari Kholilnews.com, setelah input email harap segera mengecek inbox/spam email Anda untuk konfirmasi. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Daftarkan email Anda untuk berlangganan artikel gratis dari Kholilnews.com

DMCA.com



0 komentar :

Posting Komentar

 

Kholilnews.com ● Copyright © 2007 - All Rights Reserved