RSS

News Update:
Selamat datang di Kholilnews.com, semoga informasi yang ada disini dapat bermanfaat untuk Anda semua. Jika Anda mempunyai pertanyaan, kritik maupun saran untuk blog ini, silakan sampaikan melalui akun media sosial yang sudah tertera, terima kasih.

RTK PMII Galang Sewu

Selasa, 20 Mei 2008

RTK (Rapat Tahunan Komisariat) Pengurus Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Galang Sewu berlangsung pada tanggal 16-18 Mei 2008 di Ponpes Soko Tunggal Sendangguwo Semarang. Agenda terbesar tahunan tersebut sengaja mengambil tempat di ponpes agar selalu bisa mendekatkan diri dengan para ulama dan kyai. Ponpes tersebut dipimpin oleh Gus Nuril.

Acara RTK ini diawali pada tanggal 16 Mei 2008 dengan memberangkatkan semua peserta RTK dan panitia sekitar pukul 17:00 WIB. Sampai di pondok kurang lebih pukul 17:45 WIB, dan sahabat-sahabati PMII Galang Sewu langsung melaksanakan sholat Magrib terlebih dahulu. Setelah sholat Isya, acara dilanjutkan makan malam bersama dan istighosah. Kemudian diisi tausiah dari Gus Novan, putra Gus Nuril. Saat ituGus Nuril tidak bisa mengisi ceramah dkarenakan beliau sedang menjalankan umrah di tanah suci.

Diskusi pun berlangsung seru. Dimana diskusi tersebut membahas masalah nasionalisme terhadap bangsa kita. Sebenarnya Bangsa kita secara perlahan sudah mulai dijajah oleh pihak asing terutama Amerika. Namun, masyarakat Indonesia belum banyak yang mengetahuinya. Rasa nasionalisme terhadap tanah air seharusnya ditanamkan pada putra-putri semenjak masih kecil, supaya dalam diri mereka selalu merasa memiliki dan siap membela tanah air ini ketika mendapat serangan dari pihak asing. Jiwa yang tidak memiliki rasa nasionalisme dan loyal terhadap Bangsa ini akan mudah terpengaruh oleh gangguan pihak asing dan itu akan merugikan Bangsa Indonesia. Kondisi ekonomi Indonesia yang semrawut seperti saat ini sudah diprediksikan jika berlangung secara terus menerus selama sepuluh tahun tidak ada perubahan, Indonesia hanya tinggal nama saja.

Sekitar pukul 20:30 WIB acara dilanjutkan makrab dengan bakar jagung. Ini sudah menjadi tradisi di kalangan anggota PMII Galang Sewu selama satu tahun terakhir ini. Acara tersebut berlangsung hingga jam sebelas malam. Dilanjutkan tidur. Namun, aku tidak ikut tidur di pondok karena pada saat itu ada salah satu anggota PMII yang mengajak aku ke warnet. Ini tidak mungkin aku tolak, internet sudah menjadi teman sejatiku. Bukannya seseorang yang menjadi teman sejati malahan internet dikarenakan sang teman sejati tersebut tidak merasa aku anggap sebagai teman sejatinya. Yo wislah, gak usah dibahas lebih lanjut, sedih kalau mengingat-ingat dia terus, hehehe.

Namun, karena pada malam Jum’atnya aku tidur sampai jam dua malam, nyelesai’in buat sertifikat dan ngeprint bahan TA, pada saat diwarnet aku ngantuk banget, hingga tertidur. Temanku yang ngenet sendiri, namun sayangnya dia gaptek, buat email saja nggak bisa, hehehe. Pukul 4:45 WIB pulang ke pondok, sholat subuh dan nerusin tidur lagi, ngantuk banget sich.

Siangnya acaranya pembentukan presidium sidang. Aku ditunjuk panitia menjadi presidium sementara untuk memandu adik kelas supaya bisa maju menjadi presidium tetap. Akhirnya terpilih tiga presidium yang berasal dari semester dua berjumlah dua orang, dan semester empat satu orang sebagai presidium sidang I. Sore harinya acara LPJ. Aku harus melaporkan pertanggungjawabanku sebagai ketua Departemen Pengembangan Wacana dan Pers. LPJ selesai jam 16:00 WIB.

Nach, pada malam harinya ini yang seru. Pembahasan sidang komisi. Acaranya berlangsung sangat alot karena setiap individu mempunyai argumen sendiri-sendiri yang sulit banget untuk disatukan. Ini berkaitan dengan pembentukan STO (Struktur Organisasi) yang baru untuk kepengurusan tahun 2008-2009. Acara yang dimulai pukul 20:00 WIB, berakhir pada jam 00:30 WIB. Ini menurutku masih wajar dibanding dua tahun yang lalu ketika aku masih duduk di semester dua yang hingga jam setengah dua belum selesai membahas masalah job description.

Minggu paginya adalah pembahasan tata tertib pemilihan ketua PMII Galang Sewu. Ada lima calon yang mendaftar pada panitia. Urutannya adalah Mustain, Supirso, M. Imron, M. Alwi Umar dan Tri Sutrisno. Setelah melakukan kampanye dan tanya jawab, pemilu tahap pertama dilaksanakan. Setelah dilakukan penghitungan, ada dua calon yang tidak mendapat suara satupun. Mereka adalah Mustain dan Tri Sutrisno. Ini sudah dipastikan bahwa mereka berani mecalonkan diri namun tidak memilih dirinya sendiri.

Supirso mendapat dua suara, M. Imron tujuh belas suara, M. Alwi Umar satu suara. Dengan melihat hasilnya, sudah dipastikan Sahabat Imron terpilih sebagai ketua PMII. Namun karena mengikuti tata tertib dan kesepakatan forum, akhirnya pemilu tahap kedua dilangsungkan yang mana diisi lagi dengan orasi dan tanya jawab. Pengambilan suara pun dilangsungkan kembali. Setelah dilakukan penghitungan, Sahabat Imron menang mutlak atas lawannya. M. Imron mendapat suara lima belas, Supirso dua suara, dan M. Alwi Umar satu suara.

Kini telah terpilih ketua PMII yang baru, dan itu berarti masa kepengurusanku selama satu tahun sudah berakhir. Jiwa-jiwa muda pun sudah siap melanjutkan perjuangan guna membangun kader yang dinamis, agamis, nasionalis, loyal dan profesional untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur yang merupakan tema RTK tahun ini. Kini tugas baruku adalah menyelesaikan tugas akhir kuliah yang selama ini selalu terhambat dengan kegiatan PMII. Namun, aku sangat bangga karena semua pengalaman yang aku dapatkan di PMII tidak akan pernah diraih oleh mahasiswa yang hanya berkecimpung pada K3 (kampus, kos, kantin). Tetapi pengalaman tersebut diraih dengan aktif mengikuti semua kegiatan yang ada guna meningkatkan profesionalitas untuk menuju Indonesia baru. Merdeka Bangsaku, bangkitlah Negeriku. Selamat hari Kebangkitan Nasional yang ke 1 abad, 20 Mei 1908-20 Mei 2008.


Presidium Sementara: Dari kiri Udin (Presidium III), Kholil (Presidium I), Yayah (Presidium II)

Ni teman2ku : Katanya pengen nampang di internet, hehehe


Hai mak, gue masuk internet, daaaMakrabnya anak2 PMII Galang Sewu selalu bakar jagung


Kholilnews.com "Menjelajah Dunia Membuka Cakrawala" | RSS

Artikel RTK PMII Galang Sewu ini diterbitkan oleh Kholilnews.com pada hari Selasa, 20 Mei 2008. Jika Anda merasa postingan ini bermanfaat, silakan bagikan dengan menggunakan beberapa plugin yang ada dibawah. Apabila Anda ingin berlangganan artikel gratis dari Kholilnews.com, setelah input email harap segera mengecek inbox/spam email Anda untuk konfirmasi. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Daftarkan email Anda untuk berlangganan artikel gratis dari Kholilnews.com

DMCA.com



0 komentar :

Posting Komentar

 

Kholilnews.com ● Copyright © 2007 - All Rights Reserved