RSS

News Update:
Selamat datang di Kholilnews.com, semoga informasi yang ada disini dapat bermanfaat untuk Anda semua. Jika Anda mempunyai pertanyaan, kritik maupun saran untuk blog ini, silakan sampaikan melalui akun media sosial yang sudah tertera, terima kasih.

Realita Mahasiswa Sekarang

Selasa, 08 Juli 2008

Mahasiswa sebagai pembawa arus perubahan dengan segala bentuk kritik dan aksinya yang ditujukan kepada pemerintah secara terang-terangan memang sudah menghiasi negeri ini sejak tahun 1998 yang menuntut perubahan atas pemerintahan Soeharto. Ribuan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi melakukan aksi di depan gedung DPR/MPR membawa suara rakyat dimana pada saat itu kondisi negara sedang mengalami krisis moneter yang mengakibatkan perekonomian tidak stabil.

Dengan suara yang lantang, teriakan yang khas dan bersenjatakan megaphone, mahasiswa saat itu menuntut kepada Presiden Soeharto untuk mundur dari jabatannya karena dirasa sudah tidak bisa mengendalikan krisis yang melanda negeri ini. Akhirnya dengan perjuangan yang gigih pantang menyerah, rezim orde baru dapat ditumbangkan walaupun harus memakan korban dari pihak mahasiswa itu sendiri karena terkena peluru dari aparat negara.

Saat ini aksi semacam itu juga masih dapat kita temui ketika pemerintah menentukan kebijakan yang dirasa merugikan rakyat kecil. Lihat saja kemarin ketika pemerintah menaikkan harga BBM, mahasiswa dari berbagai kampus baik negeri maupun swasta melakukan aksi turun ke jalan memprotes kebijakan pemerintah. Di Universitas Nasional sampai mengakibatkan kerusuhan antara mahasiswa dengan polisi hingga mengakibatkan kerusakan pada fasilitas kampus.

Ditengah-tengah aksi mahasiswa yang menuntut pemerintah untuk membatalkan menaikkan harga BBM, aksi penghianatan justru dilakukan oleh beberapa oknum mahasiswa. Lihat saja, ketika pemerintah membuat kebijakan baru dengan memberikan dana yang bernama (BKM) Bantuan Khusus Mahasiswa bagi mahasiswa yang kurang mampu dari dana subsidi BBM, mereka berebutan untuk mendapatkan uang yang seharusnya diterima oleh rakyat miskin. Padahal, rencana awal pemerintah hanya memberikan bantuan untuk rakyat miskin yang tidak ada sangkut pautnya dengan bantuan untuk mahasiswa.

Secara logika, mahasiwa yang kontra dengan kebijakan pemerintah yang menaikkan harga BBM itu menganalisa adalah upaya dari pemerintah untuk menyuap mahasiswa supaya tidak melakukan aksi demonstrasi. Namun, hal ini dimanfaatkan oleh sebagian mahasiswa yang tidak terlalu vokal dan tidak peduli dengan penderitaan rakyat kecil dengan cara mengajukan permohonan untuk mendapatkan BKM yang besarnya lima ratus ribu rupiah selama satu semester. “Lumayan, buat bayar kos dan buat jajan”, ungkap salah satu mahasiswa dari salah satu PTN di Semarang.

Realita semacam inilah yang membedakan mahasiswa masa kini dengan mahasiswa jaman dulu yang murni menyuarakan suara hati rakyat yang tertindas. Lihat saja disekitar kampus banyak tempat yang menyediakan rental PS selalu dipenuhi oleh mahasiswa yang kerjanya hanya K3 (Kampus, Kos, Kantin). Padahal, mahasiswa jaman dulu banyak mengisi hari-harinya dengan ikut berorganisasi dan melakukan diskusi-diskusi rutin yang membahas berbagai persoalan yang sedang hangat berkembang. Tidak semua mahasiswa sekarang yang hanya K3, namun kalau dibandingkan dengan mahasiswa dulu, jumlahnya sangat jauh menurun. Semoga eksistensi mahasiswa sebagai pembawa perubahan ke arah yang lebih baik di tahun mendatang mengalami penambahan kuantitas dan kualitas demi tercapainya Indonesia yang beradab. (Tembalang, 8 Juli 2008 pukul 00:13 WIB).

Kholilnews.com "Menjelajah Dunia Membuka Cakrawala" | RSS

Artikel Realita Mahasiswa Sekarang ini diterbitkan oleh Kholilnews.com pada hari Selasa, 08 Juli 2008. Jika Anda merasa postingan ini bermanfaat, silakan bagikan dengan menggunakan beberapa plugin yang ada dibawah. Apabila Anda ingin berlangganan artikel gratis dari Kholilnews.com, setelah input email harap segera mengecek inbox/spam email Anda untuk konfirmasi. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Daftarkan email Anda untuk berlangganan artikel gratis dari Kholilnews.com

DMCA.com



0 komentar :

Posting Komentar

 

Kholilnews.com ● Copyright © 2007 - All Rights Reserved