RSS

News Update:
Selamat datang di Kholilnews.com, semoga informasi yang ada disini dapat bermanfaat untuk Anda semua. Jika Anda mempunyai pertanyaan, kritik maupun saran untuk blog ini, silakan sampaikan melalui akun media sosial yang sudah tertera, terima kasih.

Pungutan Liar Berkedok Amal Infaq

Kamis, 15 Januari 2009

Sebelum membaca secara lengkap tulisan saya ini, saya ingin bertanya kepada sahabat blogger sekalian. Apakah sahabat pernah mengetahui kalau ada infaq yang ditentukan nominalnya? Bukankah infaq itu kita keluarkan berdasarkan kemampuan kita atau berdasarkan keikhlasan dari hati nurani kita yang paling dalam? Namun kalau jawaban sahabat blogger belum pernah mengetahuinya, mari ikuti terus tulisan saya ini untuk mengetahui jawabannya dan dimanakah infaq yang ditentukan nominalnya tersebut terjadi.


Sebelum berita ini terbit, di blog saya ini dulu juga pernah saya bahas mengenai pungutan liar yang terjadi di kecamatan hingga polres saat saya mengurus pembuatan SKCK. Kali ini peristiwa pungutan liar ini terjadi lagi, namun kali ini peristiwanya di sebuah kampus tempat kuliah saya dulu. Instansi yang semestinya dipakai untuk tempat belajar ternyata dipakai untuk berbuat curang beberapa pegawainya. Dan ini dilakukan kepada alumninya sendiri sehingga perbuatan inilah yang nantinya bisa ditiru oleh para alumni ketika sudah masuk ke dunia kerja.

Sungguh ironis memang, masih banyak oknum-oknum yang tidak bermoral dan tidak mempunyai hati nurani untuk meraba apakah perbuatan yang dilakukan ini salah atau benar. Peristiwanya terjadi pada tanggal 31 Desember 2008. Saat itu saya bermaksud mengajukan legalisir ijazah dan transkrip nilai di kampus saya. Setahu saya kalau mengajukan legalisir ini gratis karena saya sendiri juga pernah mengalaminya. Saat minta legalisir di sekolah saya dulu, di SMP dan SMK tidak dipungut biaya apapun kecuali lembar legalisirnya diminta satu lembar untuk arsip.

Namun kali ini ada legalisir yang bayar, walaupun di kwitansinya ditulis infaq. Seperti yang saya bilang didepan tadi, infaq yang ditentukan nominalnya, sebesar sepuluh ribu rupiah. Bunyi lengkapnya seperti ini. Dalam kwitansi tertulis: “Guna membayar: Biaya administrasi infaq dan pengembangan Politeknik Negeri Semarang”. Sahabat bisa klik gambar yang tertera untuk melihat ukuran sebenarnya. Kalimat yang sangat rancu dan sangat menggelitik. Apa ada administrasi infaq? Kalau misalkan kata infaqnya dihapus masih bisa dimaklumi. Jadi berubah seperti ini: “Guna membayar: Biaya administrasi dan pengembangan Politeknik Negeri Semarang”.

Nach, kalau kalimatnya berubah seperti itu saya tidak mungkin meluangkan waktu untuk menulis artikel semacam ini lagi. Tapi sebenarnya dalam pengurusan legalisir tidak ada biayanya. Karena sejujurnya saya sudah bosan mendengar kata pungli alias pungutan liar. Mau jadi apa Indonesia kalau mental pegawainya seperti ini semua? Ingin dapat cara uang secara instan, cara-cara preman masih tetap dilakukan walaupun memakai bukti otentik dengan memberikan kwitansi biar dikira perbuatannya legal. Tapi setiap kali saya melihat ketidakadilan, saya tergerak untuk menindaknya, salah satunya melalui media blog ini.

Pesan saya kepada sahabat blogger yang sempat membaca tulisan ini, khususnya yang masih berada di lingkungan kampus, saya mohon untuk segera menindak dengan tegas para pegawai yang berbuat curang tersebut. Mau dijadikan apa kampus kita kalau didikan dari pegawainya seperti itu? Sebenarnya masih ada satu cerita lagi tentang pegawai kampus yang tidak memberikan layanan dengan baik kepada alumninya, namun karena saya belum mengalaminya sendiri maka saya tidak menulisnya. Sumber yang saya peroleh berasal dari sahabat saya sendiri yang bisa dipegang kata-katanya, jadi tidak mungkin bohong. Pesan terakhir saya, mari rubah Indonesia menjadi lebih baik dimulai dari diri kita sendiri, Salam Pergerakan…!

Kholilnews.com "Menjelajah Dunia Membuka Cakrawala" | RSS

Artikel Pungutan Liar Berkedok Amal Infaq ini diterbitkan oleh Kholilnews.com pada hari Kamis, 15 Januari 2009. Jika Anda merasa postingan ini bermanfaat, silakan bagikan dengan menggunakan beberapa plugin yang ada dibawah. Apabila Anda ingin berlangganan artikel gratis dari Kholilnews.com, setelah input email harap segera mengecek inbox/spam email Anda untuk konfirmasi. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Daftarkan email Anda untuk berlangganan artikel gratis dari Kholilnews.com

DMCA.com



0 komentar :

Posting Komentar

 

Kholilnews.com ● Copyright © 2007 - All Rights Reserved