RSS

News Update:
Selamat datang di Kholilnews.com, semoga informasi yang ada disini dapat bermanfaat untuk Anda semua. Jika Anda mempunyai pertanyaan, kritik maupun saran untuk blog ini, silakan sampaikan melalui akun media sosial yang sudah tertera, terima kasih.

Fenomena Masyarakat Indonesia

Jumat, 27 Februari 2009

Kita tentuya sudah mengetahui berita heboh yang selalu disiarkan di televisi beberapa hari terakhir ini. Ya, berita tersebut adalah tentang pengobatan alternatif yang dilakukan oleh Ponari, bocah SD dari Jombang Jawa Timur yang menggemparkan seluruh masyarakat Indonesia. Pengobatan yang dilakukan dengan menggunakan media batu ajaib, konon katanya batu tersebut diperoleh ketika Ponari disambar petir. Ribuan pencari kesembuhan dari berbagai daerah pun berbondong-bondong menuju rumah Ponari.

Mereka rela berdesak-desakan supaya air yang dibawanya mendapat celupan batu ajaib Ponari. Bahkan sampai ada yang meninggal dunia. Tidak perlu saya ceritakan sampai sedetail-detailnya berita tersebut karena saya kira Anda semuanya sudah mengetahui beritanya dari televisi. Yang ingin saya bahas disini cuma ingin menelusuri kenapa masyarakat Indonesia bermental seperti itu. Oke, langsung saja kita mulai penelusurannya.

Kita bahas dulu tentang antusiasnya masyarakat Indonesia untuk mendapatkan pengobatan secara instan. Kenapa mereka memilih untuk berobat ke pengobatan alternatif dan ingin yang instan, datang berobat langsung sembuh? Ini dikarenakan biaya pengobatan di Indonesia dirasa masih sangat mahal untuk sekelas rakyat kecil. Makanya mereka memilih pengobatan alternatif. Memang tidak ada salahnya datang ke tempat pengobatan alternatif, banyak juga pasien yang berobat ke tempat pengobatan alternatif mengalami kesembuhan. Namun yang salah disini adalah caranya, mereka menganggap pengobatan semacam ini adalah yang paling berkhasiat meskipun belum ada penelitian secara medis.

Selanjutnya, antusiasme masyarakat Indonesia ini dikarenakan masih banyak yang belum mengenyam pendidikan tinggi. Lihat saja beritanya saat mereka yang tidak kebagian celupan batu ajaib Ponari, mereka rela mengeruk tanah becek ataupun air comberan yang berada di sekitar rumah Ponari untuk dibawa pulang. Katanya kasiatnya sama seperti batu ajaib Ponari, bisa menyembuhkan segala penyakit. Kalau kita memakai nalar yang sehat, tentunya kita merasa jijik melihat tanah kotor dan air comberan yang menjijikkan dimasukkan plastik dan dibawa pulang. Sesampainya dirumah dioles-oleskan ke bagian tubuh yang sakit.

Mereka tidak berfikir yang realistis, ingin yang instan dan cara yang tidak masuk akal pun dilakoninya. Apakah sudah ada pembuktian secara medis bahwa tanah yang kotor tersebut bisa menyembuhkan penyakit? Sekarang kita cari tahu siapa yang memberi kabar bahwa tanah becek yang berada disekitar rumah Ponari bisa menyembuhkan penyakit? Menurut pemikiran saya, yang menyebarkan berita tersebut adalah orang-orang yang ingin membuat kesesatan. Kita digantungkan kepada kekuatan magis untuk mendapatkan kesembuhan. Padahal, segala sesuatunya itu datangnya dari Rob pencipta alam semesta ini, Allah SWT.

Dari analisa di atas, tentang rendahnya tingkat pendidikan masyarakat Indonesia ini dikarenakan biaya pendidikan masih terlalu tinggi. Makanya, masyarakat yang berada di kelas bawah hanya bisa gigit jari. Disamping itu juga tingkat perekonomian masyarakat masih jauh dari standar. Sekarang kita paling tidak sudah sedikit mengetahui beberapa alasan antusiasme masyarakat Indonesia berbondong-bondong untuk mendapatkan pengobatan yang instan. Siapa yang paling bertanggung jawab pada masalah ini? Kita sebagai insan yang dikatakan intelektual dan melek teknologi, mari sama-sama kita rubah pola pikir masyarakat kita yang hanya selalu menggantungkan kekuatan magis dan cara-cara yang instan.

Kholilnews.com "Menjelajah Dunia Membuka Cakrawala" | RSS

Artikel Fenomena Masyarakat Indonesia ini diterbitkan oleh Kholilnews.com pada hari Jumat, 27 Februari 2009. Jika Anda merasa postingan ini bermanfaat, silakan bagikan dengan menggunakan beberapa plugin yang ada dibawah. Apabila Anda ingin berlangganan artikel gratis dari Kholilnews.com, setelah input email harap segera mengecek inbox/spam email Anda untuk konfirmasi. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Daftarkan email Anda untuk berlangganan artikel gratis dari Kholilnews.com

DMCA.com



0 komentar :

Posting Komentar

 

Kholilnews.com ● Copyright © 2007 - All Rights Reserved