RSS

News Update:
Selamat datang di Kholilnews.com, semoga informasi yang ada disini dapat bermanfaat untuk Anda semua. Jika Anda mempunyai pertanyaan, kritik maupun saran untuk blog ini, silakan sampaikan melalui akun media sosial yang sudah tertera, terima kasih.

Kenapa Lagu Anak-Anak Menghilang?

Senin, 28 Juni 2010

Saat ini saya sangat susah sekali untuk menemukan lagu anak-anak tampil di televisi. Walaupun saya sekarang bukan anak-anak, namun saya prihatin karena anak-anak jaman sekarang sudah tidak mengenal lagi lagu untuk seusianya. Beda dengan dulu ketika waktu saya masih SD. Setiap Minggu pagi di TV pasti banyak sekali yang menyiarkan lagu anak-anak. Selain itu setiap sore mulai jam 14:30 WIB juga ada televisi yang menyiarkan acara musik untuk anak-anak.

Sekarang sangat jauh berbeda. Yang ada saat ini adalah setiap pagi, siang, sore bahkan malam pun anak-anak selalu disuguhi acara musiknya orang dewasa. Ini sangat memprihatinkan, karena anak-anak yang belum waktunya dewasa sudah dipaksa untuk menjadi dewasa dengan disuguhi lagu-lagu percintaan. Kenapa hal sepele ini tidak banyak yang memperhatikan?

Salah satu contoh yang sangat nyata yang saya amati selama ini, ada dua stasiun televisi nasional yang berbuat demikian. Mereka membuat acara yang di kemas khusus untuk anak-anak tapi lagu-lagu yang dinyanyikan semuanya lagunya orang dewasa. Terutama lagu-lagu cinta, anak-anak pun sudah sangat hafal. Gaya berpakainnya pun sudah meniru orang dewasa. Ada apa ini?

Selain itu salah satu televisi nasional juga membuat acara musik setiap pagi live dari sebuah pusat perbelanjaan. Coba Anda lihat, penontonnya masih remaja, masih seusia sekolah. Tapi kenapa pada saat jam-jam sekolah mereka malah pergi nonton musik?

Menurut analisa saya, mereka yang terlibat dalam pembuatan acara hanya mengejar rating naik, sponsor banyak, untung yang dihasilkannya pun juga banyak, tidak memperhatikan aspek-aspek yang dapat mendidik anak-anak. Hal inilah yang bisa memicu tindakan kriminal yang dilakukan anak-anak. Mereka sudah paham pacaran, sudah paham kekerasan, sudah paham tindik telinga karena acara yang disajikan tidak di dunia mereka, yaitu dunia anak-anak.

Coba dech pihak-pihak yang ada di pertelevisian, buatlah acara musik khusus untuk anak-anak seminggu sekali, semua isinya juga dikemas untuk anak-anak. Saya yakin anak-anak akan merasa memiliki dunianya. Semoga…

Kholilnews.com "Menjelajah Dunia Membuka Cakrawala" | RSS

Artikel Kenapa Lagu Anak-Anak Menghilang? ini diterbitkan oleh Kholilnews.com pada hari Senin, 28 Juni 2010. Jika Anda merasa postingan ini bermanfaat, silakan bagikan dengan menggunakan beberapa plugin yang ada dibawah. Apabila Anda ingin berlangganan artikel gratis dari Kholilnews.com, setelah input email harap segera mengecek inbox/spam email Anda untuk konfirmasi. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Daftarkan email Anda untuk berlangganan artikel gratis dari Kholilnews.com

DMCA.com



1 komentar :

Zepe Heru Saputra.,S.S mengatakan...

Hai…Nama saya Zepe
Saya memiliki banyak koleksi lagu pendidikan anak .
Beberapa menggunakan bahasa Inggris.
Sudah ada 30 an lagu dan sudah dipakai di Paud dan TK seluruh Indonesia.
Kalau anda butuh lagu anak-anak anda bisa
Klik: http://www.lagu2anak.blogspot.com

Posting Komentar

 

Kholilnews.com ● Copyright © 2007 - All Rights Reserved