RSS

News Update:
Selamat datang di Kholilnews.com, semoga informasi yang ada disini dapat bermanfaat untuk Anda semua. Jika Anda mempunyai pertanyaan, kritik maupun saran untuk blog ini, silakan sampaikan melalui akun media sosial yang sudah tertera, terima kasih.

Integritas Lembaga Penegak Hukum

Senin, 29 November 2010

Berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh LSI mulai dari Sabang sampai Merauke dengan sampel sebanyak 1824 responden menyatakan bahwa lembaga penegak hukum yang paling tidak dipercayai masyarakat adalah Kepolisian. Sekedar menyegarkan ingatan Anda semua, coba lihatlah kasus korupsi Gayus Tambunan yang menyeret beberapa anggota kepolisian ke meja pengadilan.

Diurutan kedua adalah kejaksaan. Masih sama dalam kasus korupsi Gayus Tambunan, beberapa waktu lalu jaksa Cirus Sinaga yang ikut menangani kasus Gayus juga akhirnya ditetapkan sebagai tersangka. Hal ini membuktikan bahwa dilembaga ini masih ada ketidaksinkronan dengan undang-undang. Sementara itu diurutan ketiga adalah pengadilan. Silakan Anda mencari contoh sendiri, soalnya saya kurang begitu memperhatikan penyelewengan di lembaga ini.

Sedangkan lembaga yang mendapatkan tingkat kepercayaan masyarakat untuk menegakkan hukum adalah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Saya pun sepakat dengan hasil survey ini, lembaga inilah yang selama ini menjadi harapan saya pribadi, mungkin juga Anda, untuk bisa menangani korupsi di negeri ini. Namun bukan hanya kasus-kasus besar saja yang saya harapkan bisa ditangani, justru kasus-kasus kecil yang selalu berhubungan dengan masyaraat inilah yang sering terjadi.

Sebagai contoh, masih terjadinya pungutan liar ketika masyarakat membuat KTP, mengurus surat-surat kendaraan dan sebagainya. Hal inilah yang sering dimanfaatkan oleh beberapa oknum untuk memeras masyarakat. Dengan adanya ketua KPK yang baru Pak Busjro Muqoddas, saya berharap lembaga ini bisa menjadi lembaga yang ditakuti oleh para koruptor. Berikut ini screen shot yang berhasil saya abadikan ketika tayang diacara Metro Pagi.



Kholilnews.com "Menjelajah Dunia Membuka Cakrawala" | RSS

Artikel Integritas Lembaga Penegak Hukum ini diterbitkan oleh Kholilnews.com pada hari Senin, 29 November 2010. Jika Anda merasa postingan ini bermanfaat, silakan bagikan dengan menggunakan beberapa plugin yang ada dibawah. Apabila Anda ingin berlangganan artikel gratis dari Kholilnews.com, setelah input email harap segera mengecek inbox/spam email Anda untuk konfirmasi. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Daftarkan email Anda untuk berlangganan artikel gratis dari Kholilnews.com

DMCA.com



0 komentar :

Posting Komentar

 

Kholilnews.com ● Copyright © 2007 - All Rights Reserved