RSS

News Update:
Selamat datang di Kholilnews.com, semoga informasi yang ada disini dapat bermanfaat untuk Anda semua. Jika Anda mempunyai pertanyaan, kritik maupun saran untuk blog ini, silakan sampaikan melalui akun media sosial yang sudah tertera, terima kasih.

Rekrutmen CPNS Masih Pakai Cara Jadoel

Senin, 13 Desember 2010

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi setiap kali ada pembukaan pendaftaran cpns dari tahun ke tahun pendaftarnya pasti melimpah. Mulai dari pendaftaran cpns di kementerian pusat hingga ke daerah. Hal ini dikarenakan jumlah lulusan perguruan tinggi setiap tahunnya bertambah namun jumlah formasi yang ditawarkan tidak sebanding dengan jumlah lulusan sehingga mengakibatkan melonjaknya jumlah pencari kerja.

Dalam pendaftaran cpns tahun ini, berbagai upaya pun dilakukan pemerintah guna memudahkan para pendaftar untuk mengakses informasi. Diantaranya memberikan pengumuman di media massa dan di website. Cara registrasinya pun sekarang juga sudah mulai merambah ke internet dengan melakukan registrasi online. Namun yang menjadi sorotan saya kali ini adalah masih dipakainya cara jadoel alias cara jaman dulu.

Misalnya setelah melakukan registrasi online, setiap pelamar wajib membuat surat lamaran dengan menggunakan tulisan tangan sendiri yang ditujukan kepada petinggi lembaga yang akan dilamarnya. Mengapa cara yang demikian masih digunakan sedangkan proses pendaftarannya saja sudah menggunakan sistem online? Mengapa surat lamarannya tidak diketik saja dengan komputer? Mengapa berkas lamarannya harus dikirimkan melalui PT. Pos Indonesia? Mengapa berkasnya tidak dikirimkan melalui email saja? Sekarang ini sudah jamannya iptek, jadi kualitas SDM para pelamar pun harus mengikuti perkembangan jaman.

Mungkin ada yang beralasan jika berkasnya dikirimkan melalui email dikhawatirkan ada pemalsuan dokumen. Kalau beralasan demikian, hal ini bisa diatasi dengan cara panitia mewajibkan para peserta membawa dokumen asli maupun yang sudah difoto copy dan dilegalisir oleh pejabat yang berwenang saat menjelang ujian. Dengan cara ini panitia bisa mencocokkan dokumen asli dengan dokumen yang dikirimkan melalui email. Cara seperti ini menurut saya sangat efisien dan efektif.

Diakhir tulisan saya, cobalah pemerintah menerapkan cara jitu perekrutan cpns di tahun-tahun mendatang. Dengan cara yang demikian, para pelamar yang gaptek pun pasti akan berusaha supaya bisa menguasai teknologi. Cobalah tengok negara tetangga kita, diantaranya Jepang, internet sudah bukan menjadi barang yang langka lagi. Semoga perekrutan cpns tahun ini tidak diwarnai dengan politik uang. Saya ucapkan selamat berjuang bagi yang ikut seleksi, semoga sukses.

Kholilnews.com "Menjelajah Dunia Membuka Cakrawala" | RSS

Artikel Rekrutmen CPNS Masih Pakai Cara Jadoel ini diterbitkan oleh Kholilnews.com pada hari Senin, 13 Desember 2010. Jika Anda merasa postingan ini bermanfaat, silakan bagikan dengan menggunakan beberapa plugin yang ada dibawah. Apabila Anda ingin berlangganan artikel gratis dari Kholilnews.com, setelah input email harap segera mengecek inbox/spam email Anda untuk konfirmasi. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Daftarkan email Anda untuk berlangganan artikel gratis dari Kholilnews.com

DMCA.com



2 komentar :

saya mengatakan...

menurut saya, tulisan tangan itu ada benarnya,,,mngkin para perekrut cpns bisa melihat kepribadian penulis sesungguhnya lwt hasil tulisan tangan,,,sebelum para perekrut melo2skan calon peserta tersebut...
selain menyeleksi lwt hsl ujian LJK,,para perekrut cpns bisa menyeleksi lwt hasil tulisan tangan,,,agar bs diketahui pantaskah calon peserta tersebut dinyatakan lo2s atau ga...mngkin manfaat surat lamaran yg ditulis tangan seperti itu....cz dilihat dr ilmu psikologi tulisan tanganlah salah satunya untuk bs melihat kepribadian seseorg...begitulah menurut saya....tapi kenyataannya biasanya calon peserta cpns yg lo2s msh banyak yg menggunakan cara dalam ( sogok'an_b.Jawa )....hehehheh

srimuliani handoyokusumo mengatakan...

(Srimuliani Handoyokusumo; Lolos PNS Guru di lingkungan Kemenag Berau)

Berawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA Berau dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengkutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. Waktu pun terus berjalan, karena tertanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA Berau dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa was-was dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimisku memang timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 11 Desember 2013 namun di undur tanggal 18 Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 3 dari 1 formasi yang aku ikuti di Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayangku.

Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku. Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :

1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.

2. Suami dan Anak [DikMa]; Dukungan Do’anya sangat berharga dalam pencapaian saat ini.

3. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama, terima kasih Kakak Perempuan ku, terima kasih Kakak Laki-laki ku tak terlepas juga buat teman-temanku terimakasih semuanya.

4. Terimakasih untuk khususnya Bpk.IR.AGUS SUTIADI M.SI beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor bpk IR.AGUS SUTIADI M.SI,0852-3687-2555.

Posting Komentar

 

Kholilnews.com ● Copyright © 2007 - All Rights Reserved