RSS

News Update:
Selamat datang di Kholilnews.com, semoga informasi yang ada disini dapat bermanfaat untuk Anda semua. Jika Anda mempunyai pertanyaan, kritik maupun saran untuk blog ini, silakan sampaikan melalui akun media sosial yang sudah tertera, terima kasih.

Cara Mudah Membagi Zona Waktu

Selasa, 29 Mei 2012

Beberapa waktu yang lalu sebelum isu kenaikan harga BBM, sempat bermunculan berita di media cetak maupun elektronik bahwa akan ada penyatuan zona waktu untuk wilayah Indonesia. Indonesia yang kini terbagi menjadi tiga zona waktu akan disatukan menjadi satu zona waktu dengan rencana menjadi GMT +8 atau Waktu Indonesia Tengah. Kabarnya ide ini dilontarkan oleh menteri perekonomian Hatta Rajasa. Namun berita ini sepertinya tidak populer untuk menutupi masalah rencana kenaikan harga BBM saat itu hingga akhirnya berita ini sempat tenggelam.

Setelah rencana kenaikan harga BBM batal kemudian bergantilah topik pemberitaan masalah Lady Gaga yang sangat populer itu. Hampir seluruh media terfokus dengan masalah yang satu ini karena rencana konser ini memang sangat kontroversial. Masyarakat yang sebelumnya tidak tahu siapa itu Lady Gaga akhirnya menjadi tahu. Berita ini menurut saya menjadi tranding topik hingga menutupi masalah besar yaitu korupsi di Indonesia. Namun akhirnya konser ini batal digelar.

Sekarang pemerintah kembali mengangkat isu penyatuan zona waktu yang rencananya akan dilaksanakan mulai tanggal 28 Oktober 2012. Seperti berita yang saya kutip dari VIVAnews.com, Indonesia pernah melakukan sembilan kali perubahan zona waktu. Kenapa sampai sebanyak itu? Sebenarnya apa susahnya membagi zona waktu itu sehingga sampai dilakukan berkali-kali? Kalau saat ini rencana perubahan zona waktu akan dilakukan dengan alasan meningkatkan perekonomian, kenapa Indonesia yang sudah sembilan kali berganti zona waktu kondisinya masih tertinggal dengan negara lain?

Kalau sistem birokrasi pemerintahan masih seperti saat ini, tidak akan mungkin Indonesia bisa makmur. Coba kita lihat, korupsi ada dimana-mana. Dan yang jelas-jelas menjadi korbannya adalah masyarakat. Coba pemerintah dengan tegas menghukum para koruptor dengan hukuman mati, InsyaAllah jumlah koruptor di Indonesia akan turun.

Kembali ke topik utama penyatuan zona waktu. Berikut ini cara membagi zona waktu secara sederhana yang mungkin bisa dijadikan acuan untuk seluruh dunia.

Bumi ini bentuknya bulat, semua pasti juga tahu. Kalau dulu sewaktu kita di SD atau SMP pernah belajar geografi, pasti mengenal bentuk bola dunia yang ada gambar petanya. Nach, dari bentuk bola dunia itu kita sebenarnya sudah bisa menentukan pembagian zona waktu. Caranya dengan menentukan salah satu titik dimana daerah tersebut dijadikan patokan untuk waktu seluruh dunia. Misalnya yang seperti sekarang ini, waktu di dunia mengacu pada Greenwich Mine Time atau GMT yang lokasinya ada di Inggris.

Kemudian dari titik ini kita bagi bola dunia ini menjadi 24 bagian lalu ditariklah titik-titik tersebut ke kutub utara dan kutub selatan. Nach perbedaan garis inilah yang akan membedakan waktu dimana tiap daerah yang dilewati garis tersebut selisih satu jam. Dengan demikian perbedaan waktu diseluruh dunia akan serasi dan seimbang.

Kalau kita melihat perbedaan waktu yang sekarang memang sangat kacau. Coba kita lihat saja di Indonesia dan di Singapura. Singapura menggunakan GMT +8 sementara itu di Kalimantan Barat menggunakan GMT +7. Padahal kalau dilihat secara geografis posisi Singapura ada dibarat Kalimantan. Matahari terbit dari timur, apakah logis daerah yang berputar mengelilingi matahari lebih dulu tapi waktunya lebih lambat? Semoga cara sederhana yang saya tulis diatas ada yang membacanya dan mempertimbangkannya.

Kholilnews.com "Menjelajah Dunia Membuka Cakrawala" | RSS

Artikel Cara Mudah Membagi Zona Waktu ini diterbitkan oleh Kholilnews.com pada hari Selasa, 29 Mei 2012. Jika Anda merasa postingan ini bermanfaat, silakan bagikan dengan menggunakan beberapa plugin yang ada dibawah. Apabila Anda ingin berlangganan artikel gratis dari Kholilnews.com, setelah input email harap segera mengecek inbox/spam email Anda untuk konfirmasi. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Daftarkan email Anda untuk berlangganan artikel gratis dari Kholilnews.com

DMCA.com



4 komentar :

Anonim mengatakan...

Hahahaha...
Masuk akal ya yg pernah gw komen dolo...
^_*

Kholilnews.com mengatakan...

iya bos, tapi kalo komen dikasih nama ya, jangan pake anonim, hehehe

Masyonow.com mengatakan...

mantab gan. Tp jam ku di ruang tamu dan kamarku selisih 5 menit gan. Gimana itu gan? Apa perlu ke grandwit gan? Hakhak...

Kholilnews.com mengatakan...

terserah gan, sak geleme wae lah, hahaha

Posting Komentar

 

Kholilnews.com ● Copyright © 2007 - All Rights Reserved