RSS

News Update:
Selamat datang di Kholilnews.com, semoga informasi yang ada disini dapat bermanfaat untuk Anda semua. Jika Anda mempunyai pertanyaan, kritik maupun saran untuk blog ini, silakan sampaikan melalui akun media sosial yang sudah tertera, terima kasih.

Ceramah Gus Dur Live Ponpes A.P.I Tegalrejo, Magelang

Minggu, 10 November 2013

Postingan kali ini saya akan upload ceramahnya Gus Dur saat acara ihtitam ke 56 Pondok Pesantren A.P.I Tegalrejo, Magelang. File ini berasal dari kaset pita kirimannya Mas Solichan, Magelang yang kemudian saya convert menjadi MP3 supaya dapat dengan mudah disebarluaskan ke seluruh penjuru dunia.

Sebelumnya mari kita simak terlebih dahulu sejarah singkat Pondok Pesantren A.P.I. Catatan dibawah ini berasal dari cover kaset pita. Berhubung saya nggak punya scaner, jadi saya tulis ulang saja.

Dari Pesantren Untuk Bangsa



Puji syukur untuk Sang Pengetahui laku, sholawat salam bagi reformis sejati Rosulullah SAW


Album ini dipersembahkan untuk ummat dan terlahirkan semata-mata demi tidak hilangnya sejarah di keangkuhan zaman. Demi tidak tercerabutnya nilai-nilai yang telah mentradisi di kalangan ulama.

Dengan harapan menjadi pencerahan tersendiri bagi kita...
Ternyata, saat Bangsa ini menemui kebuntuan, jawaban itu justru lahir dan kita temukan pada sebuah kelompok masyarakat yang selama ini selalu terpinggirkan dan sedikit pun tak pernah dilirik oleh dunia.

Alhasil... dari “mahluq” kecil ini semoga kita semakin mengenal apa sesungguhnya pesantren.
Tegalrejo, akhir abad 20 M.

Sejarah Singkat Berdirinya Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam, Tegalrejo Magelang
A.P.I (Asrama Perguruan Islam) Pondok Pesantren Tegalrejo, Magelang yang berada ± 9 km dari Magelang ke arah timur berdiri pada tanggal 1 Oktober 1944 M oleh KH. Chudhori bin H. Ichsan menantu KH. Dalhar Watucongol Muntilan.

Nama A.P.I sebagai pilihan beliau mungkin lain dengan nama-nama pondok pesantren yang biasa memakai bahasa Arab. Dipandang dari kepanjangannya yaitu “Asrama Perguruan Islam” sang Muassis (Pendiri) mempunyai harapan dari kata “Perguruan” tersebut nantinya mutakhorrijin (alumni) betul-betul terdorong untuk menjadi guru ngaji. Mungkin dengan kata lain kalimat perguruan adalah sebagai tafa’ul (harapan) dalam usaha mendidik kader pembina kehidupan beragama.

Dengan kekuatan lahir bathin sang muassis ingin mewujudkan harapannya diawali dari jenjang pelajaran, sistem pendidikan, peraturan serta ditunjang dengan mujahadah dan riyadloh.

Pada tahun 1977 sang muassis yang nyantri mulai 1923 sampai 1942 (± 19 tahun) wafat. Sepeninggal beliau dua diantara sebelas putranya yaitu KH. Abdurrochman Ch. dan Bapak Ahmad Muchamad ditunjuk untuk menduduki posisi pengasuh sesuai dengan bidangnya masing-masing. Beliau berdua dengan dukungan adik-adiknya dalam mengantarkan A.P.I masih seperti yang dulu. Kalaupun ada tambahan ialah tambahan yang sifatnya menunjang akan ajaran asal.


“Setiap Benih Kebaikan Digandakan Oleh Allah 700 Kali Lipat, Setiap Benih Pencurian Membuat Kita Kehilangan Sampai Anak Cucu Dunia Akhirat”

Sudah selesai semua bacanya? Saatnya Anda download MP3nya sekarang juga, semoga bermanfaat.


Kholilnews.com "Menjelajah Dunia Membuka Cakrawala" | RSS

Artikel Ceramah Gus Dur Live Ponpes A.P.I Tegalrejo, Magelang ini diterbitkan oleh Kholilnews.com pada hari Minggu, 10 November 2013. Jika Anda merasa postingan ini bermanfaat, silakan bagikan dengan menggunakan beberapa plugin yang ada dibawah. Apabila Anda ingin berlangganan artikel gratis dari Kholilnews.com, setelah input email harap segera mengecek inbox/spam email Anda untuk konfirmasi. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Daftarkan email Anda untuk berlangganan artikel gratis dari Kholilnews.com

DMCA.com



0 komentar :

Posting Komentar

 

Kholilnews.com ● Copyright © 2007 - All Rights Reserved