RSS

News Update:
Selamat datang di Kholilnews.com, semoga informasi yang ada disini dapat bermanfaat untuk Anda semua. Jika Anda mempunyai pertanyaan, kritik maupun saran untuk blog ini, silakan sampaikan melalui akun media sosial yang sudah tertera, terima kasih.

SMS Spam dari Telkomsel

Senin, 22 Juli 2019


Contoh sms spam yang saya terima hari ini
Klik gambar untuk melihat lebih besar
Pernahkah Anda menerima sms spam dari nomor Telkomsel yang mengirimkan penawaran pinjaman uang dengan jaminan BPKB? Atau menerima sms yang menyatakan Anda menang undian dengan hadiah ratusan juta rupiah? Sepertinya hal ini masih banyak dialami oleh pengguna kartu prabayar di seluruh Indonesia. Karena saya hanya menggunakan kartu Telkomsel, maka disini saya hanya akan membahas Telkomsel saja.
 
Dulu sekitar bulan Oktober 2017 terbit peraturan baru yang mengharuskan nomor-nomor dari berbagai provider untuk melakukan registrasi ulang dengan memasukkan NIK (Nomor Induk Keluarga) dan nomor KK (Kartu Keluarga). Bagi pengguna yang telat melakukan registrasi maka nomor yang digunakan akan dilakukan pemblokiran. Hal ini juga wajib dilakukan bagi pengguna kartu prabayar yang baru. Bagi yang tidak registrasi maka nomor tersebut tidak bisa digunakan untuk melakukan panggilan, kirim sms, maupun sebaliknya. Anda bisa cari berita ini di Google.

Sejak peraturan ini dikeluarkan sampai sekarang di tahun 2019, sudah berapa kali Anda menerima sms spam seperti ini? Saya sudah ratusan kali. Dulu ketika saya masih ada waktu santai, saya sempatkan membuat laporan ke Telkomsel dengan mengirimkan sms dengan cara ketik: PENIPUAN#Nomor Pengirim#Isi SMS ke 1166. Tapi lama kelamaan saya bosan juga mengirim sms tersebut karena tidak efektif. Sudah sering membuat laporan tapi buktinya masih ada saja yang kirim sms spam. Akhirnya saya hanya mengabaikan sms tersebut dan menghapusnya.

Yang jadi pertanyaan saat ini adalah apakah pihak Telkomsel serius menangani masalah ini? Sekarang coba kita lihat dari sisi peraturan registrasi yang terbit di tahun 2017. Nomor-nomor baru yang akan digunakan wajib registrasi dengan menggunakan NIK & KK. Nomor yang tidak mengikuti peraturan tersebut maka tidak bisa digunakan. Secara logika, nomor-nomor yang saat ini sering mengirimkan sms spam tersebut berarti sudah diregistrasi menggunakan NIK dan KK. Berarti pihak Telkomsel punya datanya siapa yang menggunakan kartu tersebut. Tentu data pengguna itu privasi dan tidak boleh ada yang tahu kecuali Telkomsel sendiri dan pihak berwajib.

Kita yang sering menerima sms spam hanya ingin melihat tindakan serius dari pihak Telkomsel supaya tidak ada lagi sms-sms spam. Bagi sebagian orang bisa saja mengabaikan sms tersebut, namun banyak juga yang merasa terganggu dan tidak nyaman. 

Bekasi, 22 Juli 2019.

Kholilnews.com "Menjelajah Dunia Membuka Cakrawala" | RSS

Artikel SMS Spam dari Telkomsel ini diterbitkan oleh Kholilnews.com pada hari Senin, 22 Juli 2019. Jika Anda merasa postingan ini bermanfaat, silakan bagikan dengan menggunakan beberapa plugin yang ada dibawah. Apabila Anda ingin berlangganan artikel gratis dari Kholilnews.com, setelah input email harap segera mengecek inbox/spam email Anda untuk konfirmasi. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Daftarkan email Anda untuk berlangganan artikel gratis dari Kholilnews.com

DMCA.com



0 komentar :

Posting Komentar

 

Kholilnews.com ● Copyright © 2007 - All Rights Reserved